Laporan
Praktikum
Pengantar
Komputer
MICROSOFT
WORD
Oleh:
NAMA : NUR WASIA IMRAN
NIM : G31111267
KELOMPOK : 1 (SATU)
ASISTEN : 1. MUHAMMAD KHABIR
2. MASFITO MIHARDIAWAN
LABORATORIUM KOMPUTER DAN SISTEM
INFORMASI
KETEKNIKAN PERTANIAN
ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2011
I. PENDAHULUAN
I.1 Latar
Belakang
Perkembangan teknologi dari generasi
ke generasi semakin pesat. Salah satunya adalah Microsoft Word yang merupakan
aplikasi editorteks yang dibuat oleh microsoft. Aplikasi ini sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari, sepereti membuat surat, makalah, novel, dan
sebagainya.
Aplikasi Microsoft Word saat ini
telah memiliki banyak fitur, sehingga yang kita ketahui mungkin kurang dari 25%, dan
yang kita manfaatkan paling sekitar 5%. Parahnya, orang-orang yang cuman
memanfaatkan 5% fitur MS Word tersebut adalah orang yang tidak asing dengan
kata internet, teknologi, program, game, dan kuliah. Buktinya, masih banyak
mahasiswa bahkan orang dewasa yang belum mampu menghasilkan ketikan yang
maksimal. Itu disebabkan banyaknya yang belum mampu menggunakan fitur-fitur
pada Microsoft Word dengan maksimal.
Setiap orang,harusnya mampu mengoperasikam Microsoft Office Word ketika
mereka memulai belajar komputer. Mengapa demikian? Karena hampir semua istilah
pokok dunia software komputer diperkenalkan dalam Microsoft word,meliputi
toolbar, pointer, pointer, teks, eja, grammar, replace, search, format, bold,
font dan sebagainya.
Berdasarkan
uraian diatas, maka praktikum Microsoft Word ini sangat penting dilakukan agar
kita dapat lebih mengetahui fungsi dari Microsoft word serta dapat
mengaplikasikannya.
I.2
Tujuan dan Kegunaan
Tujuan diadakannya praktikum ini
adalah untuk mempelajari lebih jauh program pengolah kata Microsoft Word.
Selain itu untuk mempermudah kita memaksimalkan hasil laporan atau pun data
yang kita kerjakan menggunakan aplikasi Microsoft Word.
Adapun kegunaannya yakni mahasiswa
mampu mengoperasikan Microsoft Windows, serta menggunakan fitur-fitur Microsoft
Word secara maksimal.
II. TINJAUAN PUSTAKA
II.1 Pengertian
Microsoft Word
Microsoft Word
atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Microsoft Word merupakan program aplikasi
pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan,
membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada
dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan
menggunakan
Microsoft
Word (Anonim I, 2011).
II.2 Sejarah Perkembangan Microsoft
Word
Sejarah panjang perjalanan Microsoft
Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas. Microsoft
Word pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix,
versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS
(1983), Apple Macintosh (1984),
SCO
UNIX, OS/2,
dan Microsoft
Windows (1989).
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program
ini pada 25 Oktober 1983
untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata
dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar (Anonim I, 2011).
Word memiliki konsep "What You
See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang
dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak
menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim yang hanya menampilkan
teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak
tebal, miring, dan sebagainya (Anonim I, 2011).
Word untuk Macintosh, diprogram oleh
Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis
untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada
produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk
menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah
Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan
perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer (Anonim I,
2011).
Versi selanjutnya dari Word for
Macintosh, adalah Word 3.0. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru.
Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang
jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat
yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses
dan juga stabil digunakan. Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi
Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007 (Anonim
I, 2011).
Tahun 1990-1995, pada rentang tahun
ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis
pada tahun 1989 . Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun
selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika
dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0
untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata (Anonim
I, 2011).
II.3 Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui,
Microsoft Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan
ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas
yang ada dalam Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas
tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan
ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS
WORD (Anonim II, 2011).
1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami
editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan
dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada
peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II
Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu
mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline.
(Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk
membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen
dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat
perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level
(Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4. Pemakaian Break Section
Biasanya
dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap
section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata
Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i,
ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk
setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page
Layout +Break +Next Page).
5. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran
halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor
halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page
Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman
bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor
halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert +
header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page).
6. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi
caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert
Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada
exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka
pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul
secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan,
maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
7. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan
memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak
halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan
cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document
map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit mendapat
dapat berlangsung lebih cepat)
II.4 Perbedaan
Microsoft Word 2003 dan Microsoft 2007
Microsoft Word
2007 merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003.
Terdapat beberapa fitur terbaru dalam versi ini diantaranya adalah fasilitas
digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan beberapa
keunggulan lainya. Bagi yang sudah pernah menggunakan versi sebelumnya, mungkin
agak merasa asing karena terdapat perubahan tampilan/interface windows yang
ada, tetapi dengan sedikit penyesuaian maka selanjutnya anda akan merasakan
kelebihan dari tampilan Microsoft Word 2007 ini (Eko Purwanto, 2011).
Secara umum
perbedaan yang kita jumpai antara kedua jenis program Microsoft Word 2003 dan Microsoft Word 2007 menurut
Anonim III (2011) adalah:
·
File
hasil produksi Microsoft
Word 2007
defaultnya berformat .docx, dimana format tersebut tidak bisa dieksekusi atau
dibaca oleh Microsoft
Word 2003 yang
defautlnya .doc. Namun Microsoft Word 2007 bisa membaca format
.doc, dan .docx
·
Terdapat
smartart di Microsoft
Word 2007h. Smartart adalah semacam
kumpulan template grafis yang mudah digunakan, sedangkan di Microsoft Word 2003 belum ada.
·
Tampilan
menu Microsoft
Word 2007
sudah lebih banyak ke kumpulan toolbar (ribbon).
·
Di
Microsoft Word 2007 ada tombol bulat di
pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya menggantikan fungsi menu file, yang
disebut office button
·
Ada
quick access toolbar di Microsoft
Word 2007 dan
belum ada di Microsoft
Word 2003.
·
Jika
kita menyimpan file .doc di Microsoft
Word 2007
ukurannya akan lebih kecil dibanding .docx
Meskipun
tak terlalu lengkap . Dan terlalu jelas. Atau dengan kata lain di bawah ini
adalah langkah-langkah untuk mengoperasikan
Ms. Word 2007 (Anonim III,
2011)
Perhatikanlah
langkah di bawah .
1.
Membuka
Microsoft Word 2007 tidak jauh berbeda
dengan 2003.
2.
Toolbar-toolbar pada Microsoft Word 2007 seperti HOME, INSERT, PAGE LAYOUT, VIEW sama dengan toolbar-toolbar pada Microsoft Word 2003, hanya saja ada beberapa
toolbar yang tak ada pada Microsoft
Word 2003 ada
pada Microsoft
Word 2007
3.
Menu
Bold, Italic, Underline, jenis tulisan, ukuran
huruf, pemberian warna pada huruf dan lain-lain ada pada tampilan menu HOME,
sedangkan yang pada Microsoft
Word 2003 adalah
berada diluar menu HOME.
4.
Pada
tampilan menu INSERT, menu picture,
clipart dan lain-lain dilengkapi
dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat
tampilannya kelihatan sedikit menarik dibandingkan tampilannya pada Microsoft Word 2003.
5.
Pada
menu PAGE LAYOUT, disinilah tempat untuk
mengatur kertas .mulai dari ukuran, membuat columns, jarak spasi, warna kertas dan sebagainya.
6.
Menu
REFERENCES tidak ada pada Microsoft Word 2003. Di menu ini yang
dijelaskan adalah berbagai menu untuk memudahkan cara membuat daftar pustaka , daftar
isi atau sebagainya..
7.
Menu
MAILINGS yang terlihat dapat
dipergunakan hanya 3 menu. Padahal jika sudah ingin di pergunakan , ke 4 menu
tersebut terlihat tak dapat dipergunakan karena akan muncul kata-kata yang
tidak dapat di mengerti.
8.
Menu
REVIEW adalah menu yang dapat
dipergunakan untuk melihat, mencari dan memberikan comment atau dapat juga
dipakai untuk memberikan efek english.
9.
Menu
VIEW di gunakan untuk melihat
ketikan yang dibuat secara besar (zoom) .dan sebagainya.
III. METODOLOGI PRAKTIKUM
III.1 Waktu dan Tempat
Praktikum
pengantar komputer dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 September 2011, dimulai pada pukul 10.00 WITA sampai 12.00
WITA dan pada hari Jumat 7 Oktober 2011, dimulai pada pukul 13.00 WITA sampai 15.00
WITA. Laboratorium Komputer dan Sistem Informasi dan Keteknikan Pertanian,
Fakultas Pertanian,Universitas Hasanuddin, Makassar.
III.2 Prosedur Praktikum
·
Mengatur
paragraf
a.
Blok
semua teks yang akan diatur.
b.
Pilih
allignment yang akan digunakan pada “home”
@ Left : Paragraf rata kiri
@ Right : Paragraf rata kanan
@ Center : Paragraf rata tengah
@ Justify : Paragraf rata kiri-kanan.
·
Jarak
baris (spasi)
a.
Blok
semua naskah yang akan diatur.
b.
Klik
ikon “line spacing” yang terdapat pada
“home”
c.
Pilihlah
pilihan spasi yang disediakan, spasi 1,0, spasi 1,15, spasi 1,5, spasi 2,0,
spasi 2,5 atau spasi 3,0.
d.
Bila
yang akan digunakan tidak terdapat, maka klik “line spacing options”.
·
Jenis
huruf
a.
Blok
smua teks.
b.
Klik
kanan lalu pilih “font”.
c.
Atau
dapat juga dengan memilih jenis tulisan di “style font” pada home.
·
Bullet
and Numbering
a.
Pilih
menu “Home”, lalu klik “Bullet and Numbering”.
b.
Klik
tab Bulleted, lalu tentukan jenis bullet yang anda inginkan.
c.
Untuk
“Numbering”, klik tab Numbered dan tentukan tipe penomoran yang diinginkan.
d.
Klik
“Costumize” jika ingin mengaturnya.
·
Drop
Crap
a.
Kursor
diletakkan pada paragraf yang huruf pertamanya akan diformat.
b.
Pilih
menu “Insert” lalu klik “Drop Cap”.
c.
Pilih
dropped untuk menetapkan Drop Cap, lalu pilih jenis huruf pada kotak font.
d.
Pada
kotak Lines To Drop tentukan jumlah baris yang ingin dijatuhi oleh Drop Cap.
e.
Pada
kotak Distance From Text tentukan jarak antara Drop Cap dan Teks Paragraf.
f.
Klik
OK.
·
Header
and Footer
a.
Pilih
menu “Insert” lalu pilih “Header and Footer”. Header merupakan keterangan
tambahan pada setiap halaman bagian atas, sedangkan footer merupakan keterangan
tambahan pada setiap halaman bagian bawah.
b.
Ketik
“Header” pada kotak header.
c.
Ketik
“Footer” pada kotak footer.
d.
Klik
dan pilih jenis header dan footer yang disediakan.
e.
Klik
ikon “Close” pada kotak dialog header and footer.
·
Membuat
tabel
a. Klik menu “Insert”.
b. Pilih “Table”, lalu klik “Insert
Table”.
c. Pada kotak Insert Table, isilah
“Number of columns” dan “Number of rows” sesuai dengan kolom dan baris yang
dibutuhkan.
IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
IV.1 Hasil
·
Latihan 1
Menuju
Lembaga Mahasiswa yang berwibawa
P
|
eran mahaswa
Mahasiswa dalam setiap zaman dan perubahan kondisi sosial, ekonomi, politik dan
budaya senantiasa inheren dan vital
dalam kehidupan kenegaraan. Tak bisa dipungkiri bahwa cikal bakal berdirinya
Negara kesatuan indonesia adalah berkat jasa-jasa mahasiswa. Segala
perubahan-perubahan zaman yang terjadi memang tidak sepantasnya mahasiswa
berdiam diri membiarkan keserakahan, penindasan dan kejahatan politik lainnya kita
biarkan. Karena keberdiaman mahasiswa dalam merespon perubahan-perubahan
tersebut akan membawa dampak tertentu yang pada gilirannya akan menenggelamkan
reputasi mahasiswa indonesia pada khususnya.
Lembaga kemahasiswaan baik intra
maupun ekstra kampus semakin dituntut untuk mampu memberikan solusi sehubungan
dengan perubahan-perubahan kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan yang
terjadi. Dengan
keaktifan seperti ini mahasiswa dapat berubah pandang. (msty)
·
Latihan 2
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR
MICROSOFT
WINDOWS............................................................. 1
Pendahuluan
Operasi Dasar
@
Memulai
Microsoft Windows......................................... 1
@
Keluar
dari Microsoft Windows..................................... 2
MICROSOFT
WORD
Pendahuluan
Operasi Dasar
@
Memulai
Microsoft Word............................................. 15
@
Mengakhiri
Microsoft Word......................................... 15
MICROSOFT
EXCEL
Pendahuluan
Operasi Dasar
@
Memulai
Microsoft Excel............................................ 31
@
Mengakhiri
Microsoft................................................... 31
·
Latihan 3
·
Latihan 4
KELUARGA
MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
HIMPUNAN
MAHASISWA TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS
HASANUDDIN
Periode
2011/2012
·
Latihan 5
1.
x1,2
=
2.
T1i =
3.
=
4.
µB =
5.
·
Latihan 6
Time Schedule OP3M XI
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu (Deadline)
|
Ket.
|
|||||
Juni
|
Juli
|
Agust
|
Sept
|
Okto
|
Nov
|
|||
1
|
Pencarian
Dana
|
|||||||
2
|
Sewa
Gedung
|
|||||||
3
|
Pemateri
|
|||||||
4
|
Buat
Spanduk
|
IV.2
Pembahasan
Microsoft Word merupakan salah satu program
yang disediakan oleh Microsoft Office untuk mengelolah data berupa kata.
Microsoft Office memiliki banyak fitur yang dapat digunakan dalam mengelolah
data. Pada lembar kerja Microsoft Word terdapat beberapa tab yang berisi
perintah. Diantaranya Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout, Tab References,
Tab Mailings, Tab Review, dan Tab View.
Pada
Tab Home terdapat perintah untuk mengatur mengatur isi sebuah dokumen. Tab Home
memiliki beberapa grup, yakni Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.
Terkadang dalam sebuah lembar kerja, kita ingin menyisipkan gambar, diagram,
ataupun simbol. Fasilitas yang digunakan adalah Tab Insert, dengan Tab ini kita
dapat menyisipkan suatu data. Sedangkan untuk mengatur halaman lembar kerja,
seperti margin, ukuran kertas, orientation atau kolom teks, menggunakan Tab
Page Layout.
Header
dan footer yang terdapat pada Tab Insert merupakan bagian atas dan bagian bawah
dokumen yang berupa informasi berulang pada setiap kertas. Misalnya kop,
halaman, maupun pesan tertentu.
Terkadang
dalam suatu dokumen terdapat sebuah atau beberapa rumus. Untuk mengetik rumus, menggunakan menu “equation”
pada tab “Insert”. Kemudian rumus-rumus perhitungan akan muncul pada “box
equation”.
Selain
itu perbandingan data setiap kolom dan baris pada tabel di sebuah dokumen mesti
terlihat jelas. Untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen pada Microsoft Word
2007, menggunakan tab “Insert” dan menu “Insert Table”.
V.
PENUTUP
V.1
Kesimpulan
Adapun
kesimpulan yang dapat diperoleh dari praktikum Microsoft Word ini adalah
sebagai berikut :
·
Microsoft
Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa
digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat
label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen
lainnya.
·
Microsoft
Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97,
2000, 2002, 2003, dan 2007.
·
Aplikasi
Microsoft Word saat ini telah memiliki banyak fitur yang berisi perintah-perintah,
diantaranya Tab Home, Tab
Insert, Tab Page Layout,
Tab References, Tab
Mailings, Tab Review, dan Tab View.
V.2
Saran
Sebaiknya semua asisten diharapkan
hadir pada saat pratikum. Perlu juga diperhatikan untuk mencapai kegiatan
praktikum yang efektif, diharapkan tidak adanya gangguan dari luar. Misalnya
saja ada mahasiswa yang keluar masuk ruangan selain praktikan dan asisten.
Selain itu, sarana dan prasarana dalam
laboratorium perlu diperhatikan. Sering kali proses praktikum terhambat karena
adanya komputer yang rusak atau tidak cukupnya komputer untuk setiap praktikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonim I, 2011. http://theyandy.blogspot.com/2009/12/sejarah-perkembangan -microsoft-office.html. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Anoni II, 2011. http://jawaposting.blogspot.com/2011/04/pengertian-microsoft-word.html. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Anonim III ,2011. http://abdie-suck.blogspot.com/2010/02/perbandingan-microsoft
-word-2007-dan.html. Diakses pada tanggal 7
Oktober 2011.
Oscar, Yulius. 2010. Akses Cepat Menguasai Micorosoft Office. Jakarta :Jalur Mas Media.
Purwanto, Eko. 2008. Pengolah Kata
Microsoft Word 2007. Bandung: Webmedia Training Center.
good
BalasHapusboljug nih
BalasHapusBagus
BalasHapus