Senin, 15 Oktober 2012

Laporan Microsoft Word


Laporan Praktikum
Pengantar Komputer
MICROSOFT WORD











Oleh:

NAMA                : NUR WASIA IMRAN
NIM                    : G31111267
KELOMPOK     : 1 (SATU)
ASISTEN           : 1. MUHAMMAD KHABIR
   2. MASFITO MIHARDIAWAN

LABORATORIUM KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI
KETEKNIKAN PERTANIAN
ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2011



I. PENDAHULUAN
I.1   Latar Belakang
Perkembangan teknologi dari generasi ke generasi semakin pesat. Salah satunya adalah Microsoft Word yang merupakan aplikasi editorteks yang dibuat oleh microsoft. Aplikasi ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sepereti membuat surat, makalah, novel, dan sebagainya.
Aplikasi Microsoft Word saat ini telah memiliki banyak fitur, sehingga yang kita ketahui mungkin kurang dari 25%, dan yang kita manfaatkan paling sekitar 5%. Parahnya, orang-orang yang cuman memanfaatkan 5% fitur MS Word tersebut adalah orang yang tidak asing dengan kata internet, teknologi, program, game, dan kuliah. Buktinya, masih banyak mahasiswa bahkan orang dewasa yang belum mampu menghasilkan ketikan yang maksimal. Itu disebabkan banyaknya yang belum mampu menggunakan fitur-fitur pada Microsoft Word dengan maksimal.
Setiap orang,harusnya mampu mengoperasikam Microsoft Office Word ketika mereka memulai belajar komputer. Mengapa demikian? Karena hampir semua istilah pokok dunia software komputer diperkenalkan dalam Microsoft word,meliputi toolbar, pointer, pointer, teks, eja, grammar, replace, search, format, bold, font dan sebagainya.
Berdasarkan uraian diatas, maka praktikum Microsoft Word ini sangat penting dilakukan agar kita dapat lebih mengetahui fungsi dari Microsoft word serta dapat mengaplikasikannya.
I.2   Tujuan dan Kegunaan
Tujuan diadakannya praktikum ini adalah untuk mempelajari lebih jauh program pengolah kata Microsoft Word. Selain itu untuk mempermudah kita memaksimalkan hasil laporan atau pun data yang kita kerjakan menggunakan aplikasi Microsoft Word.
Adapun kegunaannya yakni mahasiswa mampu mengoperasikan Microsoft Windows, serta menggunakan fitur-fitur Microsoft Word secara maksimal.
II. TINJAUAN PUSTAKA
II.1  Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan
       Microsoft Word (Anonim I, 2011).
II.2 Sejarah Perkembangan Microsoft Word
Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas. Microsoft Word pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar (Anonim I, 2011).
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim yang hanya menampilkan teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya (Anonim I, 2011).
Word untuk Macintosh, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer (Anonim I, 2011).
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007 (Anonim I, 2011).
Tahun 1990-1995, pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 . Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata (Anonim I, 2011).
II.3  Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD (Anonim II, 2011).
1.      Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2.      Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3.      Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4.      Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
5.    Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page).
6.    Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
7.    Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8.    Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit mendapat
dapat berlangsung lebih cepat)
II.4  Perbedaan Microsoft Word 2003 dan Microsoft 2007
Microsoft Word 2007 merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003. Terdapat beberapa fitur terbaru dalam versi ini diantaranya adalah fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan beberapa keunggulan lainya. Bagi yang sudah pernah menggunakan versi sebelumnya, mungkin agak merasa asing karena terdapat perubahan tampilan/interface windows yang ada, tetapi dengan sedikit penyesuaian maka selanjutnya anda akan merasakan kelebihan dari tampilan Microsoft Word 2007 ini (Eko Purwanto, 2011).
Secara umum perbedaan yang kita jumpai antara kedua jenis program Microsoft Word 2003 dan Microsoft Word 2007 menurut Anonim III (2011) adalah:
·           File hasil produksi Microsoft Word 2007 defaultnya berformat .docx, dimana format tersebut tidak bisa dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003 yang defautlnya .doc. Namun Microsoft Word 2007 bisa membaca format .doc, dan .docx
·           Terdapat smartart di Microsoft Word 2007h. Smartart adalah semacam kumpulan template grafis yang mudah digunakan, sedangkan di Microsoft Word  2003 belum ada.
·           Tampilan menu Microsoft Word 2007 sudah lebih banyak ke kumpulan toolbar (ribbon).
·           Di Microsoft Word 2007 ada tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya menggantikan fungsi menu file, yang disebut office button
·           Ada quick access toolbar di Microsoft Word 2007 dan belum ada di Microsoft Word 2003.
·           Jika kita menyimpan file .doc di Microsoft Word 2007 ukurannya akan lebih kecil dibanding .docx
Meskipun tak terlalu lengkap . Dan terlalu jelas. Atau dengan kata lain di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengoperasikan Ms. Word 2007 (Anonim III, 2011)
Perhatikanlah langkah di bawah .
1.      Membuka Microsoft Word 2007 tidak jauh berbeda dengan 2003.
2.      Toolbar-toolbar pada Microsoft Word 2007 seperti HOME, INSERT, PAGE LAYOUT, VIEW sama dengan toolbar-toolbar pada Microsoft Word 2003, hanya saja ada beberapa toolbar yang tak ada pada Microsoft Word 2003 ada pada Microsoft Word 2007
3.      Menu Bold, Italic, Underline, jenis tulisan, ukuran huruf, pemberian warna pada huruf dan lain-lain ada pada tampilan menu HOME, sedangkan yang pada Microsoft Word 2003 adalah berada diluar menu HOME.
4.      Pada tampilan menu INSERT, menu picture, clipart dan lain-lain dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan sedikit menarik dibandingkan tampilannya pada Microsoft Word 2003.
5.      Pada menu PAGE LAYOUT, disinilah tempat untuk mengatur kertas .mulai dari ukuran, membuat columns, jarak spasi, warna kertas dan sebagainya.
6.      Menu REFERENCES tidak ada pada Microsoft Word 2003. Di menu ini yang dijelaskan adalah berbagai menu untuk memudahkan cara membuat daftar pustaka , daftar isi atau sebagainya..
7.      Menu MAILINGS yang terlihat dapat dipergunakan hanya 3 menu. Padahal jika sudah ingin di pergunakan , ke 4 menu tersebut terlihat tak dapat dipergunakan karena akan muncul kata-kata yang tidak dapat di mengerti.
8.      Menu REVIEW adalah menu yang dapat dipergunakan untuk melihat, mencari dan memberikan comment atau dapat juga dipakai untuk memberikan efek english.
9.      Menu VIEW di gunakan untuk melihat ketikan yang dibuat secara besar (zoom) .dan sebagainya.
III. METODOLOGI PRAKTIKUM
III.1 Waktu dan Tempat
Praktikum pengantar komputer dilaksanakan pada hari Rabu tanggal   28 September 2011,  dimulai pada pukul 10.00 WITA sampai 12.00 WITA dan pada hari Jumat 7 Oktober 2011, dimulai pada pukul 13.00 WITA sampai 15.00 WITA. Laboratorium Komputer dan Sistem Informasi dan Keteknikan Pertanian, Fakultas Pertanian,Universitas Hasanuddin, Makassar.
III.2 Prosedur Praktikum
·           Mengatur paragraf
a.      Blok semua teks yang akan diatur.
b.      Pilih allignment yang akan digunakan pada “home”
@  Left            : Paragraf rata kiri
@  Right          : Paragraf rata kanan
@  Center       : Paragraf rata tengah
@  Justify       : Paragraf rata kiri-kanan.
·           Jarak baris (spasi)
a.      Blok semua naskah yang akan diatur.
b.      Klik ikon “line spacing” yang  terdapat pada “home”
c.      Pilihlah pilihan spasi yang disediakan, spasi 1,0, spasi 1,15, spasi 1,5, spasi 2,0, spasi 2,5 atau spasi 3,0.
d.      Bila yang akan digunakan tidak terdapat, maka klik “line spacing options”.
·           Jenis huruf
a.      Blok smua teks.
b.      Klik kanan lalu pilih “font”.
c.      Atau dapat juga dengan memilih jenis tulisan di “style font” pada home.
·           Bullet and Numbering
a.      Pilih menu “Home”, lalu klik “Bullet and Numbering”.
b.      Klik tab Bulleted, lalu tentukan jenis bullet yang anda inginkan.
c.      Untuk “Numbering”, klik tab Numbered dan tentukan tipe penomoran yang diinginkan.
d.      Klik “Costumize” jika ingin mengaturnya.
·           Drop Crap
a.      Kursor diletakkan pada paragraf yang huruf pertamanya akan  diformat.
b.      Pilih menu “Insert” lalu klik “Drop Cap”.
c.      Pilih dropped untuk menetapkan Drop Cap, lalu pilih jenis huruf pada kotak font.
d.      Pada kotak Lines To Drop tentukan jumlah baris yang ingin dijatuhi oleh Drop Cap.
e.      Pada kotak Distance From Text tentukan jarak antara Drop Cap dan Teks Paragraf.
f.       Klik OK.
·           Header and Footer
a.      Pilih menu “Insert” lalu pilih “Header and Footer”. Header merupakan keterangan tambahan pada setiap halaman bagian atas, sedangkan footer merupakan keterangan tambahan pada setiap halaman bagian bawah.
b.      Ketik “Header” pada kotak header.
c.      Ketik “Footer” pada kotak footer.
d.      Klik dan pilih jenis header dan footer yang disediakan.
e.      Klik ikon “Close” pada kotak dialog header and footer.
·           Membuat tabel
a.      Klik menu “Insert”.
b.      Pilih “Table”, lalu klik “Insert Table”.
c.      Pada kotak Insert Table, isilah “Number of columns” dan “Number of rows” sesuai dengan kolom dan baris yang dibutuhkan.
IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
IV.1  Hasil
·           Latihan 1
Menuju Lembaga Mahasiswa yang berwibawa
P
eran mahaswa Mahasiswa dalam setiap zaman dan perubahan kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya senantiasa inheren dan vital dalam kehidupan kenegaraan. Tak bisa dipungkiri bahwa cikal bakal berdirinya Negara kesatuan indonesia adalah berkat jasa-jasa mahasiswa. Segala perubahan-perubahan zaman yang terjadi memang tidak sepantasnya mahasiswa berdiam diri membiarkan keserakahan, penindasan dan kejahatan politik lainnya kita biarkan. Karena keberdiaman mahasiswa dalam merespon perubahan-perubahan tersebut akan membawa dampak tertentu yang pada gilirannya akan menenggelamkan reputasi mahasiswa indonesia pada khususnya.
Lembaga kemahasiswaan baik intra maupun ekstra kampus semakin dituntut untuk mampu memberikan solusi sehubungan dengan perubahan-perubahan kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan yang terjadi. Dengan keaktifan seperti ini mahasiswa dapat berubah pandang. (msty)

·           Latihan 2
DAFTAR ISI
                                                                                          Halaman
KATA PENGANTAR
MICROSOFT WINDOWS............................................................. 1
Pendahuluan
Operasi Dasar
@  Memulai Microsoft Windows......................................... 1
@  Keluar dari Microsoft Windows..................................... 2
MICROSOFT WORD
Pendahuluan
Operasi Dasar
@  Memulai Microsoft Word............................................. 15
@  Mengakhiri Microsoft Word......................................... 15
MICROSOFT EXCEL
Pendahuluan
Operasi Dasar
@  Memulai Microsoft Excel............................................ 31
@  Mengakhiri Microsoft................................................... 31

·           Latihan 3






·           Latihan 4

KELUARGA MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
Periode 2011/2012





·           Latihan 5

1.    x1,2 =
2.    T1i   =
3.        =
4.    ยตB     =
5.   


·           Latihan 6
Time Schedule OP3M XI
No.
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu (Deadline)
Ket.
Juni
Juli
Agust
Sept
Okto
Nov
1
Pencarian Dana







2
Sewa Gedung







3
Pemateri







4
Buat Spanduk










IV.2 Pembahasan
Microsoft Word merupakan salah satu program yang disediakan oleh Microsoft Office untuk mengelolah data berupa kata. Microsoft Office memiliki banyak fitur yang dapat digunakan dalam mengelolah data. Pada lembar kerja Microsoft Word terdapat beberapa tab yang berisi perintah. Diantaranya Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review, dan Tab View.
Pada Tab Home terdapat perintah untuk mengatur mengatur isi sebuah dokumen. Tab Home memiliki beberapa grup, yakni Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing. Terkadang dalam sebuah lembar kerja, kita ingin menyisipkan gambar, diagram, ataupun simbol. Fasilitas yang digunakan adalah Tab Insert, dengan Tab ini kita dapat menyisipkan suatu data. Sedangkan untuk mengatur halaman lembar kerja, seperti margin, ukuran kertas, orientation atau kolom teks, menggunakan Tab Page Layout.
Header dan footer yang terdapat pada Tab Insert merupakan bagian atas dan bagian bawah dokumen yang berupa informasi berulang pada setiap kertas. Misalnya kop, halaman, maupun pesan tertentu.
Terkadang dalam suatu dokumen terdapat sebuah atau beberapa rumus. Untuk mengetik rumus, menggunakan menu “equation” pada tab “Insert”. Kemudian rumus-rumus perhitungan akan muncul pada “box equation”.
Selain itu perbandingan data setiap kolom dan baris pada tabel di sebuah dokumen mesti terlihat jelas. Untuk menyisipkan tabel ke dalam dokumen pada Microsoft Word 2007, menggunakan tab “Insert” dan menu “Insert Table”.
V. PENUTUP
V.1 Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh dari praktikum Microsoft Word ini adalah sebagai berikut :
·       Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lainnya.
·       Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
·       Aplikasi Microsoft Word saat ini telah memiliki banyak fitur yang berisi perintah-perintah, diantaranya Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout,
Tab References, Tab Mailings, Tab Review, dan Tab View.
V.2 Saran
Sebaiknya semua asisten diharapkan hadir pada saat pratikum. Perlu juga diperhatikan untuk mencapai kegiatan praktikum yang efektif, diharapkan tidak adanya gangguan dari luar. Misalnya saja ada mahasiswa yang keluar masuk ruangan selain praktikan dan asisten.
Selain itu, sarana dan prasarana dalam laboratorium perlu diperhatikan. Sering kali proses praktikum terhambat karena adanya komputer yang rusak atau tidak cukupnya komputer untuk setiap praktikan.



DAFTAR PUSTAKA
Anonim  I,   2011. http://theyandy.blogspot.com/2009/12/sejarah-perkembangan -microsoft-office.html.  Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Anoni II, 2011. http://jawaposting.blogspot.com/2011/04/pengertian-microsoft-word.html. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Anonim III ,2011. http://abdie-suck.blogspot.com/2010/02/perbandingan-microsoft -word-2007-dan.html. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Oscar,  Yulius. 2010. Akses Cepat Menguasai Micorosoft Office. Jakarta :Jalur Mas Media.
Purwanto, Eko. 2008. Pengolah Kata Microsoft Word 2007. Bandung: Webmedia Training Center.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar